Pengertian, fungsi, ciri-ciri, ukuran, kelebihan dan kekurangan serta contoh flyer



 1.Pengertian Flyer

Flyer adalah salah satu media pemasaran yang dicetak dalam bentuk kertas dengan ukuran tidak terlalu besar, maksimal ukurannya A4 yang berbahan HVS, art paper, atau art carton.

Flyer merupakan strategi pemasaran yang tertua, tepatnya setelah ditemukannya mesin cetak. Sejak abad ke 18 mesin cetak sudah digunakan di seluruh dunia yang di andalkan sebagai salah satu perangkat pemasaran.

2. Fungsi flyer

Sudah disebutkan dalam pengertian di atas bahwa fungsi flyer adalah untuk media pemasaran. Berikut ada fungsi flyer yang lain, antara lain:

  • Berfungsi untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak ramai.
  • Digunakan untuk menjual produk atau jasa kepada khalayak ramai.
  • Berperan sebagai media promosi praktis.
  • Mudah untuk diedarkan secara luas.
  • Tidak merepotkan atau membebani orag yang menerima flyer ini.

3. Ciri-ciri flyer

Banyaknya media promosi yang dicetak di kertas membuat sebagian orang merasa bingung untuk membedakan antara jenis media yang satu dengan yang lain. Namun sebenarnya setiap media promosi tersebut memliki ciri-ciri masing-masing.

Begitupun dengan flyer, juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh flyer, antara lain:

  • Pada umumnya flyer memiliki ukuran A5
  • Bisa dicetak satu sisi maupun dua sisi
  • Berisi publikasi mengenai suatu acara, event, produk, atau jasa.

4.Ukuran flyer

Flyer tidak memiliki banyak pilihan ukuran. Karena ciri khas flyer memang ukurannya yang minimalis dan praktis. Namun bisa juga jika customer request dengan ukuran sesuai yang dibutuhkan.

Berikut ukuran flyer yang umum digunakan dalam dunia digital printing, antara lain:

  • Kertas A6, yakni dengan panjang 148 mm dan lebar 105 mm atau yang biasa disebut dengan ukuran postcard.
  • Kertas A5, yakni dengan panjang 210 mm dan lebar 148 mm atau setara dengan separuh kertas A4.
  • Kertas A4, yakni dengan panjang 297 mm dan lebar 210 mm.

Diantara ketiga ukuran flyer di atas, yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah ukuran flyer kertas A5.

Kelebihan dan Kekurangan Flyer

Sebagai media promosi cetak, pastilah ada kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Berikut kelebihan dan kekurangan flyer.

Kelebihan Flyer

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh flyer, yakni:

  1. Biaya cetaknya murah karena ukurannya bisa dibilang relatif kecil.
  2. Meskipun ukurannya kecil namun berisi informasi yang lengkap.
  3. Mudah untuk dibawa kemana saja.
  4. Bisa memberi gambaran yang ditawarkan oleh perusahaan.
  5. Pembaca bisa mengatur tempo dalam membaca. Bacaan dapat diulang dan dan dapat mengatur cara membaca.
  6. Bisa dilihat ulang dan dibaca dengan teliti.
  7. Pesan-pesan yang disampaikan bersifat permanen dan kekuatan utamanya dapat dijadikan bukti.
  8. Penyerapan informasi secara menyeluruh.

Kekurangan Flyer

Setiap benda yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan, begitupun flyer ini. Berikut kekurangan yang dimiliki flyer sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui apa isi dari flyer dibutuhkan kemampuan membaca dan perhatian.
  2. Untuk memahami dan menikmati flyer, dibutuhkan pembaca yang memiliki kemampuan imajinasi karena flyer tidak bersifat auditif dan visual.
  3. Dibutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan waktu yang dibutuhkan pun relatif tidak sebentar.
  4. Bahan yang umum digunakan mudah sobek berarti ini merupakan gangguan mekanisme tinggi. Bisa jadi informasi yang diterima oleh khalayak nanti tidak lengkap karena kerusakan ini.
  5. Khalayak akan mudah mengabaikan informasi jika flyer yang memiliki tampilan yang kurang menarik.
Sumber :https://qomaruna.com/pengertian-flyer/

Contoh flyer pahatan kayu menggunakan aplikasi canva




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Contoh Staging